Jumat, 21 Maret 2014

MAKALAH TEKNIK PEMBELAJARAN

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan kita selaku calon tenaga pendidik, harus bisa menguasai berbagai macam teknik pembelajaran, terutama untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik adalah sebuah cara khas yang operasianal, yang dapat digunakan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan,berpegang pada proses sistematis yang terdapat dalam metode. Oleh karena itu, teknik lebih bersifat tindakan nyata berupa usaha atau upaya yang digunakan untuk mencapai tujuan.
  1. Rumusan masalah
a.       Pengertian Teknik
b.      Teknik penyajian Pelajaran
c.       Macam-macam Teknik Penyajian Pembelajaran bahasa indonesia
  1. Tujuan
a.       Mahasiswa dapat mengetahui arti dari Teknik
b.      Mahasiswa dapat mengetahui apa itu teknik penyajian pelajaran
c.       Mahasiswa dapat mengetahui macam-macam teknik penyajian pelajaran











BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian Teknik
Teknik adalah cara sistematis mengerjakan sesuatu  (KBBI,1995). Teknik merupan suatu kiat, siasat, atau penemuan yang digunakan menyelesaikan serta menyempurnakan suatu tujuan langsung. Teknik harus konsisten dengan metode. Oleh karena itu, teknik harus selaras dan serasi dengan pendekatan.
            Kemampuan pengajar sangat menentukan dalam memilih teknik mengajar yang akan digunakan agar  tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Bila pengajar mempunyai keterbatasan pengetahuan dan penguasaan tentang di siplin ilmu, tentu ia akan berkutat dengan teknik yang sama tanpa variasi. Dengan demikian pembelajaran akan terkesan monoton dan membosankan.
            Setiap teknik mempunyai kekurangan dan kelebihan. Pengajar perlu mengkaji teknik mengajar yang sesuai dan memilih startegi-strategi yang memberikan peluang paling banyak bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu.
B.  Teknik Penyajian Pelajaran
Teknik penyajian pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang di pergunakan oleh pengajar atau instruktur. Pengertian lain ialah sebagai teknik penyajian yang dikuasai pengajar untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik di dalam kelas agar pelajaran tersebut dapat di tangkap, di pahami, dan digunakan oleh peserta didik dengan baik.
Seorang pengajar harus mengetahui dan memahami teknik-teknik penyajian dan sifat-sifat yang khas pada setiap teknik penyajian agar mampu dan trampil menggunakannya sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
C.  Macam-macam Teknik Penyajian Pelajaran bahasa Indonesia
1.      Teknik penyajian diskusi
Dalam teknik pembelajaran ini setiap pengajar menciptakan terjadinya kegiatan atau interaksi antara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar informasi, pengalaman, memecahkan masalah, sehingga terjadinya suasana yang aktif di antara peserta didik.



2.      Teknik penyajian kerja kelompok
Dalam pelaksanaan teknik pembelaran ini pengajar membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas lima atau tujuh orang. Mereka bekerja sama dalam memecahakan masalah atau pelaksanaan tugas tertentudan berusaha mencapai tujuan pengajaran yang telah di tetapkan
3.      Teknik penyajian penemuan
Teknik pembelajaran ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan sendiri atau mengalami proses mental, seperti mengamati, mencerna mengklasifikasikan, dan lain-lain.
4.      Teknik penyajian simulasi
Teknik ini  memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berperan seperti orang-orang yang terlibat atau dalam keadaan yang di kehendaki. Peserta didik berlatih memegang peran sebagai orang lain.
5.      Teknik penyajian unit teaching
Teknik ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam pengajaran unit yang terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan, pengerjaan unit, kuluminasi sehingga peserta didik dapat belajar secara komprehensif.
6.      Teknik penyajian sumbang saran (brain stroming)
Teknik ini melontarkan masalah kepada peserta didik yang harus dijawab atau di tanggapi oleh mereka sehingga masalah tersebut berkembang menjadi masalah baru.
7.      Teknik penyajian inquiriy
Yaitu teknik yang bertujuan agar peserta didik terangsang oleh tugas dan mencari sendiri pemecahan masalah itu, mencari sumber sendiri dan belajar bersama dalam kelompoknya.
8.      Teknik penyajian eksperimen
Teknik pembelajaran ini mengaktifkan peserta didik untuk melakukan percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya, serta membuat laporan.
9.      Teknik penyajian demonstrasi
Teknik ini memperlihatkan aktivitas pengajar melakukan suatu kegiatan atau percobaan sehingga proses penerimaan peserta didik terhadap pelajaran lebih mendalam, membentuk pengertian dengan baik dan sempurna.

10.  Teknik penyajian karya wisata
Teknik pembelajaran ini berlangsung di luar kelas. Peserta didik di ajak ke suatu objek tertentu untuk meneliti atau meninjau guna memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dikunjunginya.
11.  Teknik penyajian kerja lapangan
Teknik ini mengajak peserta didik ke suatu tempat di luar sekolah. Tujuannya tidak hanya sekedar untuk mengadakan observasi, tetapi terjun langsung aktif, berpartisipasi ke lapangan kerja agar peserta didik dapat menghayati sendiri serta mengadakan penyelidikan serta bekerja sendiri dalam pekerjaan yang ada di masyarkat.
12.  Teknik penyajian secra kasus
Teknik ini menyajikan bahan pelajaran berdasarkan kasus yang ditemui peserta didik. Maslah di bahas bersama unutk mendapatkan penyelesaian.
13.  Teknik penyelesain secara sistem regu (team teaching)
Teknik ini melibatkan beberapa orang pengajar untuk membahas satu topic pelajaran. Teknik ini dapat dipadukan dengan teknik antardisiplin.
14.  Teknik penyajian latihan tubian (drill)
Teknik ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan latihan agar memiliki keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang di pelajari.
15.  Teknik penyajian ceramah
Teknik ini merupakan teknik tradisional, tetapi masih cocok di gunakan terutama bila  mengajar pada kelas yang jumlah peserta didiknya banyak. Teknik ini di gunakan bila tujuan pembelajarannya untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik secara lisan. Teknik ini dapat di padukan dengan teknik tanya jawab atau dialog.






BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Pada intinya semua teknik pengajaran memiliki tujuan yang sama, yaitu menetapkan langkah yang tepat dalam setiap pengajaran. Pada perkembangan selanjutnya diharapkan adanya temuan inovatif yang mampu menyempurnakan teknik-teknik yang sudah ada dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.
B.  Saran
Demikianlah makalah ini kami buat, tentunya masih banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya memabangun bagi para pembacanya seabgai keempurnaan makalah ini. Dan semoga makalah ini bisa menjadi acuan untuk meningkatkan makalah-makalah selanjutnya dan bermanfaat bagi para pembaca dan terkhusus buat kami. Amin.
















DAFTAR PUSTAKA

Iskandarwarssid, Dadang Sunendar.2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:          Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar